Cara Membeli Tanah Tanpa Perantara, Mudah Tanpa Perlu Ribet

Anda menemukan tanah rumah senopati dijual? Taukah anda bahwa proses pembelian tanah memang lebih rumit daripada proses pembelian rumah. Karena rumitnya proses ini, banyak orang yang membeli tanah melalui agen properti. Dengan agen properti kamu tinggal menunggu proses pembelian selesai. Semuanya sudah diurus oleh agen properti.

Pada Saat menggunakan agen properti tentu kamu harus membayar komisi agen property tersebut. Misalnya ketika ada sebidang tanah rumah senopati dijual dan kamu berminat, kamu pun harus menyiapkan biaya yang lebih besar untuk membayar agen properti tersebut. Namun, jika kamu tidak ingin menyiapkan biaya yang lebih besar, membeli tanah tanpa perantara bisa kamu jadikan pilihan.

Proses pembelian tanah tanpa perantara, sebenarnya cukup mudah jika kamu melakukan cara tersebut dengan benar. Berikut ini adalah cara membeli tanah tanpa perantara dengan mudah tanpa perlu ribet. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Cara Membeli Tanah Tanpa Perantara

1. Membuat AJB Terlebih Dahulu

AJB atau biasa disebut Akta Jual Beli Tanah, bertujuan untuk membuktikan bahwa tanah tersebut sudah berpindah tangan kepemilikan. Berkas untuk membuat AJB harus dipenuhi baik penjual maupun pembeli. Berikut ini adalah berkas yang harus dilengkapi

Penjual : KTP penjual suami/istri, jika penjual suami/istri meninggal maka diganti dengan akta kematian, Bukti PBB 10 tahun terakhir, Surat persetujuan, Kartu Keluarga.

Pembeli : KTP dan Kartu Keluarga

2. Mengunjungi Kantor PPAT untuk Mengajukan AJB

Setelah berkas penjual maupun pembeli sudah lengkap, keduanya mengunjungi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk mengjukan AJB. Disana, PPAT akan melakukan berbagai proses seperti pemeriksaan keaslian dokumen, Keterangan bahwa tanah tersebut tidak sengketa, dan penjual membayar Pajak Penghasilan.

3. Mengambil AJB Di Kantor BPN

Setelah PPAT melakukan segala proses, AJB yang asli kemudian di serahkan ke kantor BPN selama 7 hari. Dalam penyerahan AJB, juga ikut menyertakan surat permohonan balik, dengan tanda tangan pembeli, sertifikat atas hak tanah, KTP penjual maupun pembeli dan bukti lunas PPH dan BPHTB. tanah rumah senopati dijual

Pada saat kamu berada di BPN, kamu akan mendapatkan tanda bukti surat nama balik yang wajib kamu simpan. Proses pembelian tanah pun sudah berhasil dan tanah tersebut resmi menjadi milik kamu beserta kelengkapan suratnya.

Nah itulah cara membeli tanah tanpa perantara yang bisa kamu coba ikuti. Jika cara diatas kamu lakukan dengan benar, pasti kamu akan mendapatkan kemudahan dalam membeli tanah tanpa peranatara.